Friday 11 November 2016

Anaknya Kos Banget

Juli 2016 kemarin aku genap 4 tahun menyandang status sebagai anak kos.
Sebenernya jadi anak kos itu enak-enak, nggak enak.
Anak kos ini kayak simulasi ibu rumah tangga.
Dari bersihin kamar sampai ngurus keperluan bulanannya dilakuin sama kita sendiri. Dulu jaman SMA boro-boro kepikiran bakal ngebersihin kamar mandi atau nyetrika sendiri. Ternyata tahun berikutnya, semua yang nggak pernah kepikiran akhirnya dikerjain sendiri. Begitulah, hidup kadang sesuka-suka itu.

Jadi anak kos ini enaknya yaaa... banyak. 
Enaknya bisa punya banyak pilihan makanan, soalnya abang-abang apapun mudah dijangkau.
Enaknya bisa naro handuk basah dikasur tanpa ada yang marahin.
Enaknya bisa kayak buaya tengkurep seharian tanpa ada yang protes.
Enaknya bisa leyeh-leyeh di kasur sesuka hati. Bangun tidur-leyeh leyeh-tidur lagi-leyeh leyeh lagi. Bebas! Pokoknya kalau kebutuhan leyeh-leyeh di ukur dari angka 1 sampai 10, nyampe tuh angka 11. 

Selain enaknya, jadi anak kos juga ada nggak enaknya.
Sebagai anak kos Jatinangor, nggak enaknya harus bersahabat sama polusi dari truk-truk besar.
Tapi paling nggak enak sih jauh dari keluarga.
Nggak enak juga soalnya jadi sering bangun kesiangan. 
Eh tapi itu dulu, sebelum suara mama aku jadiin alarm hp. Soalnya alarm hp yang musik-musik doang nggak seampuh suara mama. Aku sih yakin suara mama ini ada jampe-jampenya. Bagaimana mungkin hpnya uda mati, lah suaranya masih kedengeran aja?!
Terbaik.

Jadi anak kos juga harus pintar ngatur uang. Harus pintar membuat strategi bertahan hidup di akhir bulan. Terkadang sesedih itu loh, sampai-sampai dibuatin lagu sama Kunto Aji.
Mana liriknya bener banget.

Hidup di akhir bulan
Dengan teman mie instan
Hidup di akhir bulan
Aku harus bertahan

Ini kalau ada penobatan lagu nasional anak kos, aku yakin menang nih si Kunto Aji.

Karena ngatur uang sendiri, anak kos juga harus pintar ngatur keperluan sehari-hari dari mulai makanan sampai sabun. Pokoknya belanja bulanan udah jadi agenda wajib setiap bulannya. Sayangnya bawaan cewek kan laper mata yah, beli sesuatu bukan karena perlu tapi karena reflek. Kadang belanja jadi lebih dari budget yang ditentuin sebelumnya. Untungnya sekarang ada kartu member Alfamart yang selalu menyediakan diskon ataupun poin tambahan dari promo paket, pembelian dengan pembelian, sampai mekanisme menarik lainnya yang ditawarkan pada periode-periode tertentu. Makin seneng soalnya banyak banget program khusus membernya. Sebagai pejuang anak kos akusih nggak mikir dua kali untuk menggunakan kartu member Alfamart. Penasaran dong program khusus membernya apa aja?! Ini guuuyysss!


Seru kan?
Melalui kartu member Alfamart, selain bisa lebih hemat kamu dan teman-teman juga bisa berkesempatan dapat hadiah. Tunggu apa lagi! Dosa banget nih kalau info ini nggak disebarin ke geng kosan kamu.

Oiya! Ngomong-ngomong soal geng kosan, aku jadi inget mereka. Jadi selama menyandang status sebagai anak kos aku punya enam orang teman seperjuangan, kalau sama mereka cerita-cerita bisa tujuh hari tujuh malam. Dari mulai belanja bareng, makan bareng, nugas bareng, nonton bareng, masak bareng, sampai tidur bareng pasti ada aja bahasannya. Mungkin masa-masa ini lah yang paling aku rindukan sebagai anak kos. Masa-masa dimana tidak ada kata sendiri setiap harinya, masa dimana selalu ada tempat untuk cerita, selalu ada bahan untuk tertawa, dan selalu ada alasan untuk kembali ke Jatinangor.

Tolong guys,
kangenku segunung.

0 comments: